14 Februari 2016

Cara Agar Gamepad Biasa Terdeteksi Sebagai Xbox Controller Di PC

Xbox Controller



Mungkin Masih banyak yang bingung bagaimana caranya agar dapat memainkan game PC jaman sekarang yang kebanyakan membutuhkan Xbox Controller sebagai alat kontrol dari game itu sendiri. mau beli controller Xbox ? waduh harganya itu lho gak nahan wkwkwk 

Nah, disini ane mau berbagi trik bagaimana caranya agar gamepad biasa bisa terdeteksi sebagai Xbox controller di PC :


1. kunjungi link ini untuk mengunduh emulatornya.



2. pilih bit berdasarkan gamenya (karena kebanyakan game masih mendukung 32 bit, saya rekomendasikan mengunduh versi 32bit saja), lalu klik download.
3. setelah download extract ke folder gamenya (disini saya mengextractnya di folder game PES 2016).


4. Jalankan x360ce, dan ketika diminta untuk membuat file .ini dan .dll klik yes, karena ini adalah file-file yang sangat diperlukan untuk kelancaran emulator ini.


5. Colokkan gamepad ke USB port, tunggu hingga terdeteksi. jika sudah terdeteksi, klik pada pilihan "search automatically for settings" dan jangan lupa hilangkan centang pada "search the internet".



6. Jika sudah, jangan khawatir jika ada pesan error, diskip saja.

7. Pergi ke tab "controller setting", di bagian "program/game" pilih file .exe dari game yang kita install tadi (contoh disini saya memilih pes2016.exe), lalu di bagian bawahnya klik tab "most popular settings for my controllers", pada tab tersebut pilihlah file .exe dari game yang memiliki pengguna terbanyak agar settingannya pas sesuai controller kita (contoh disini saya memilih .exe yang usernya ada 80).


8. jika sudah, maka ada tanda/bunyi ala windows yang mengisyaratkan bahwa settingan tersebut sudah diaplikasikan ke gamepad anda. jika sudah klik save yang ada di bagian kanan atas tab "controller settings".

9. jika sudah disimpan, tutup emulatornya dan cobalah bermain dengan game yang menggunakan controller Xbox, apakah yang terjadi ? it's works !

(Cara ini sudah diuji oleh saya sendiri di beberapa game yang membutuhkan controller Xbox 360, Seperti : Sleeping Dogs, GTA IV, PES 2016, Sniper elite 3, One Piece Pirate Warriors 3, NFS Rival, dll dan semuanya work 100%)


Sekian untuk tutorial kali ini, mohon maaf bila ada salah kata, jika masih ada kesulitan silahkan tinggalkan komen di kolom komentar, thanks !

Share:

7 komentar:

  1. Gan mau nanya nih, kan saya ada naruto storm4 emulator xbox nya yang 64bit, terdeteksi stiknya,
    trus saya ada naruto storm revolution emulatorxboxnya32bit, nah stiknya yang ini tidak terdeteksi. Ini kenapa ya?

    BalasHapus
  2. bagi ane..ente jenius gan..dan nggk peduli mau copas blog dri siapa..
    yg pnting sangat membantu..keren Gan...

    BalasHapus
  3. kok punya saya failed to load 'xinput1_3.dll' ya gan ? mohon bantuannyaaa

    BalasHapus
  4. kok punya saya failed to load 'xinput1_3.dll' ya gan ? mohon bantuannyaaa

    BalasHapus
  5. Kok keluar masuk sendiri gan??

    BalasHapus
  6. kerenbaru ini nih bisa ... cuma masalah gerak arahnya masih beda

    BalasHapus
  7. Gan sniper elite 4, gak bisa, uda utak atik tetap gak bisa


    BalasHapus